5 Alternatif Permainan Tanpa Gadget dan TV untuk Anak

15-07-2024

5 Alternatif Permainan Tanpa Gadget dan TV untuk Anak

Sebagai orang tua, pasti kita merasa khawatir ketika si Kecil hanya ingin bermain gadget atau menonton TV terus-menerus ya, Ma. Meski teknologi tersebut memberikan keuntungan, namun ada kalanya si Kecil perlu menjauh dari gadget dan berinteraksi dengan orang lain secara langsung. Untuk itu, Mama harus lebih kreatif dalam menghadirkan berbagai alternatif permainan seru yang bisa dilakukan di rumah, seperti permainan di bawah ini!
 

1. Jigsaw Puzzle

Melalui permainan bongkar pasang, si Kecil akan diajak menyusun gambar tertentu dari potongan-potongan kecil yang tidak beraturan. Tak hanya menyenangkan, permainan ini juga dapat mengasah kegigihan, berpikir kritis, hingga melatih koordinasi tubuh si Kecil. Selain itu, puzzle juga bermanfaat untuk melatih fokus dan meningkatkan problem solving secara sederhana.
 

2. Tebak Objek

Untuk memainkan permainan ini, Mama bisa mengambil beberapa benda kecil dari sekitar rumah dan letakkan di dalam tas atau keranjang. Selanjutnya, si Kecil harus memegang sebuah benda tanpa melihatnya dan mencoba menjelaskan benda tersebut tanpa menyebut namanya. Sementara itu, orang lain harus menebak benda apa yang sedang dipegang berdasarkan deskripsi yang diberikan. Wah, pasti menyenangkan, ya, Ma!
 

3. Bermain Petak Umpet

Mama dan si Kecil bisa melakukannya di area rumah. Bermain di rumah dapat membawa kehangatan dan keceriaan, selain itu, juga bisa melatih anak-anak untuk mengenal suasana rumah lebih baik, Ma. Hal ini juga dapat meningkatkan kecerdasan spasial, kreativitas bersembunyi, hingga kemampuan  mencari dari petunjuk yang ada saat ada yang bersembunyi. Seru banget pastinya!
 

4. Pasir Kinetik

Berbeda dengan pasir biasa yang sering kali menempel di tangan dan mengotori baju, mainan anak ini tidak lengket dan mudah dibersihkan, Ma. Bermain pasir kinetik juga dikenal dapat meningkatkan kemampuan si Kecil dalam mengenal warna dan bentuk, berimajinasi hingga mengkoordinasikan mata dan tangan.
 

5. Bermain Alat Musik dari Barang Bekas

Alat musik kali ini cocok untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Ma. Terlebih lagi, Mama tak perlu membeli alat musik baru, karena dapat memanfaatkan barang-barang yang ada di rumah. Cara membuat mainan dari barang bekas untuk anak PAUD yakni Mama dapat membuat drum mainan, dengan mencari perlengkapan yang mudah ditemukan seperti kaleng bekas, balon, karet gelang, dan stiker untuk dekorasi.  

Mama bisa mulai dari membersihkan kaleng. Potong bagian ujung balon, lalu rentangkan balon tersebut di permukaan kaleng, lalu rekatkan balon di tempatnya dengan menggunakan karet gelang dan hias kaleng dengan cat atau stiker sesuai keinginan. Alat musik sederhana seperti drum ini siap digunakan, pastinya si Kecil akan happy!

Nah, beberapa permainan di atas dapat menjadi alternatif saat anak bermain di rumah tanpa gadget dan TV ya, Ma. Selain memberikan hiburan, permainan-permainan ini juga dapat mendukung perkembangan fisik, mental, dan sosial anak secara keseluruhan. Selamat bermain! 😊