6 Tips untuk Cegah Konsumsi Gula Berlebih pada Anak

23-09-2024

6 Tips untuk Cegah Konsumsi Gula Berlebih pada Anak

Siapa sih yang tidak suka manis? Rasanya yang menggiurkan memang sulit ditolak, terutama untuk anak-anak. Namun, terlalu banyak mengonsumsi gula bisa berdampak buruk bagi kesehatan, terutama pada anak-anak, Ma. Mulai dari obesitas, kerusakan gigi, hingga masalah perilaku, semuanya bisa dipicu oleh konsumsi gula berlebih.

Sebagai orang tua, Mama punya peran penting dalam membatasi asupan gula pada anak. Berikut adalah 6 tips jitu cara mengurangi konsumsi gula pada anak:
 

1. Jadilah Role Model

Anak-anak cenderung meniru apa yang dilakukan orang tuanya. Jadi, jika Mama ingin anak Mama mengurangi konsumsi gula, mulailah dari diri Mama sendiri. Batasi konsumsi minuman bersoda, permen, kue-kue manis, dan makanan olahan yang tinggi gula.
 

2. Baca Label Makanan dengan Teliti

Jangan tertipu oleh kemasan yang menarik. Selalu baca label nutrisi pada makanan dan minuman sebelum membeli. Perhatikan kandungan gula tambahannya, Ma. Gula bisa bersembunyi di balik berbagai nama, seperti sirup jagung fruktosa tinggi, sukrosa, atau maltosa.
 

3. Sajikan Buah-Buahan dan Sayuran Segar

Buah-buahan dan sayuran mengandung gula alami yang lebih sehat dan mengenyangkan. Sajikan berbagai jenis buah-buahan dan sayuran yang disukai si Kecil agar mendapat gula alami, ya, Ma.
 

4. Buat Camilan Sehat Sendiri

Alih-alih membeli camilan kemasan yang tinggi gula, Mama dapat membuat camilan sehat sendiri di rumah. Misalnya, Mama dapat mengganti biskuit, kue manis, atau kue kering dengan camilan sehat seperti buah potong, yoghurt tanpa tambahan gula, stik sayuran, atau puding buah.
 

5. Batasi Minuman Manis

Minuman manis seperti soda dan jus buah kemasan mengandung gula dalam jumlah yang sangat tinggi, lho. Mama dapat menggantinya dengan air putih dan susu rendah lemak. Minuman-minuman ini tidak hanya lebih sehat, tetapi juga bisa membantu kita terhidrasi dengan baik.
 

6. Bicarakan Tentang Makanan Sehat dengan Anak

Saat Mama menyiapkan makanan, bicarakan tentang berbagai jenis makanan, warna, dan manfaat dari makanan tersebut kepada si Kecil. Hal ini akan memperkenalkan si Kecil pada berbagai kosakata dan membantu mereka mengenali makanan melalui kata, bentuk, dan cerita dari Mama.

Enam cara mengurangi konsumsi gula di atas memang harus Mama terapkan sebagai kebiasaan di rumah. Membatasi konsumsi gula bukan berarti melarang anak untuk sama sekali menikmati makanan manis, Ma. Yang terpenting selalu berikan konsumsi gula alami dan gizi seimbang, ya!