Aktivitas untuk Anak yang Sangat Aktif agar Energinya Tersalurkan dengan Optimal

23-09-2024

Aktivitas untuk Anak yang Sangat Aktif agar Energinya Tersalurkan dengan Optimal

Anak-anak tentu menjadi orang terpenting dalam hidup Mama dan Papa. Namun, terkadang energi mereka yang melimpah bisa menjadi tantangan tersendiri. Mereka sering berlarian, mencoba mengambil barang-barang, dan ingin mencoba berbagai hal.
 

Tenang saja, Ma! Ada banyak aktivitas untuk anak-anak di rumah agar Mama dapat menyalurkan energi si Kecil dengan optimal.
 

1. Ajak Anak untuk Olahraga Ringan

Jika Mama memiliki anak yang sangat aktif dan suka berlarian di sekitar rumah, cobalah untuk mengajaknya dengan beberapa aktivitas olahraga seperti berenang, bermain bola, bersepeda, atau senam. Mengajak si Kecil dengan kegiatan olahraga tidak hanya membantu menyalurkan energinya ke dalam kegiatan yang produktif, tetapi juga dapat memberikan pelajaran tentang hidup lebih sehat dan aktif secara fisik.
 

2. Ajak Menari atau Bermusik

Belajar bermusik atau menari diketahui memiliki beberapa efek terapeutik pada kesehatan dan perilaku, lho, Ma. Hal ini karena kegiatan tersebut dapat menunjukkan efek positif terhadap kognisi, perhatian, memori, maupun perkembangan bahasa anak-anak. Sehingga energi anak dapat tersalurkan dengan lebih optimal sekaligus dapat meningkatkan stamina mereka.
 

3. Menanam atau Berkebun di Halaman Rumah

Kegiatan ini merupakan cara yang bagus bagi anak-anak untuk terhubung dengan alam dan merasa senang dengan kegiatan mereka. Mama dapat mengajak si Kecil untuk berkebun di halaman rumah dengan memupuk tanaman, mengajak menanam benih, mengumpulkan daun-daun kering, atau menyiram bunga. Hal ini tentu menjadi aktivitas untuk anak-anak di rumah yang cukup menyenangkan, Ma.
 

4. Beraktivitas bersama Alam

Si Kecil akan sangat menikmati petualangan di alam bebas. Mama dapat mengajaknya menjelajahi taman belakang rumah, taman kota, atau bahkan danau di tempat wisata. Biarkan si Kecil bermain dengan tanah, air, dan cahaya matahari. Mama juga dapat merangsang motorik kasar si Kecil dengan mengajaknya bermain ayunan atau berjalan di atas rumput.
 

5. Eksplorasi Kreativitas dengan Aktivitas Seni

Mama dapat mengajak si Kecil mengeksplorasi kreativitasnya melalui berbagai aktivitas seni. Seperti menyediakan kertas, pensil warna, cat air, dan berbagai bahan alami seperti ranting, batu, atau biji-bijian. Biarkan ia bebas berekspresi tanpa batasan. Dengan membuat kerajinan tangan dari barang bekas, si Kecil tidak hanya belajar, tapi juga bersenang-senang.

Bagaimana, Ma? Adakah aktivitas untuk anak-anak di rumah yang ingin Mama lakukan? Untuk menumbuhkan kebiasaan aktivitas tersebut pada anak, Mama dapat membuat jadwal kegiatan yang bervariasi dan menarik. Jadilah contoh yang baik dengan ikut berpartisipasi dalam aktivitas bersama mereka. Eits, jangan lupa untuk memberikan pujian dan dukungan untuk meningkatkan kepercayaan diri anak, ya!