Resep Membuat Mainan Sensori di Rumah

23-09-2024

Resep Membuat Mainan Sensori di Rumah

Melatih kemampuan panca indra si Kecil adalah proses yang penting, Ma. Dengan membiarkannya merasakan tekstur, mendengarkan suara, mencium aroma, serta melihat warna dapat memicu perkembangan keterampilan motorik halus si Kecil. Oleh karena itu, bermain mainan sensori dengan anak bisa jadi medium untuk Mama dan Papa, yang tak hanya merekatkan hubungan emosional, namun juga baik bagi proses pertumbuhan si Kecil.
 

Selain bisa dibeli melalui toko-toko mainan daring maupun e-commerce kesayangan, melalui artikel ini kita akan memberikan tips cara membuat Sensory Bin agar Mama dan Papa bisa membuat mainan sensori DIY (Do It Yourself) di rumah.

Apa itu Sensory Bin?

Sensory Bin adalah salah satu jenis permainan sensori dengan menggunakan wadah atau kontainer dangkal yang akan diisi berbagai macam bahan-bahan yang dapat dirasakan oleh si Kecil. Biasanya berwarna mencolok dan kontras. Permainan Sensory Bin ini adalah permainan sensori yang cocok bagi anak di usia 2 – 3 tahun.
 

Bahan-Bahan dan Cara yang Perlu Disiapkan

  1. Siapkan wadah – Mama dapat memilih wadah yang cukup besar dan dangkal, sehingga dapat menampung banyak bahan-bahan. Pastikan wadahnya aman bagi si Kecil agar tidak terdapat sudut-sudut yang tajam atau hal-hal lain yang dapat melukai si Kecil, ya.

  2. Siapkan bahan dasar sensori – Sebagai pengganti pasir, Mama dan Papa bisa menggunakan beras atau oat yang telah diberikan pewarna makanan alami dari buah-buahan agar lebih aman jika tertelan.

  3. Bahan sensori pendukung ­– Pilih bahan-bahan pendukung sensori dengan tekstur, warna, dan aroma yang berbeda-beda seperti kacang-kacangan, agar-agar, buah-buahan, dried vegetables, atau dried fruit. Mama dan Papa juga bisa menambahkan sendok, sekop mainan, dan alat bermain lainnya sebagai alat si Kecil untuk bereksplorasi.
     

Cara Membuat Mainan Sensory Bin

  1. Pertama, siapkan wadah pada area yang aman serta mudah dijangkau. Lalu masukkan bahan dasar sensori dengan warna-warna yang berbeda ke dalam wadah. Sebaiknya wadah diisi hingga setengah penuh dan sebar warna secara acak untuk memudahkan eksplorasi si Kecil.

  2. Susun semua bahan dasar maupun bahan pendukung secara acak. Lalu, berikan alat seperti sendok, sekop mainan, atau alat bermain lainnya.

  3. Sensory Bin siap digunakan!
     

Nah, itu tadi bahan-bahan dan cara membuat mainan Sensory Bin sendiri di rumah. Bermain memang seru, namun, jangan lupa untuk tetap mengawasi si Kecil dengan seksama, ya! Meskipun dibuat dengan bahan-bahan yang aman jika tertelan, Mama tetap harus waspada agar si Kecil bermain dengan nyaman. Jika sudah terlanjur tertelan, pantau pencernaan si Kecil ya, Ma!