Yuk, Bangun Quality Time dengan si Kecil Setelah Bekerja

20-09-2024

Yuk, Bangun Quality Time dengan si Kecil Setelah Bekerja

Sebagai orang tua yang bekerja, membagi waktu antara karir dan keluarga memang menjadi tantangan tersendiri. Namun, di tengah kesibukan, ada satu hal yang sangat berharga yaitu quality time bersama anak. Lebih dari sekadar bermain, quality time adalah momen berharga untuk membangun ikatan emosional kuat dengan anak, Ma.


Kenapa Quality Time Penting?

Mama pasti sudah sering mendengar tentang pentingnya quality time bagi perkembangan anak. Tapi, pernahkah Mama berpikir bahwa quality time juga bisa menjadi waktu yang menyenangkan bagi Mama maupun Papa? Saat bermain bersama si Kecil, Mama dapat merasa lebih rileks, stres berkurang, dan dapat menambah kebahagiaan.
 

Tips Bangun Quality Time dengan si Kecil Setelah Bekerja
 

1. Luangkan Waktu Khusus untuk Anak

Sesibuk apapun pekerjaan Mama, cobalah untuk menyisihkan waktu khusus setiap hari atau beberapa kali seminggu untuk bermain dan beraktivitas bersama anak. Waktu ini akan menjadi momen yang mereka nantikan. Mama juga dapat memanfaatkan momen-momen kecil, seperti berinteraksi dengan anak saat menjemput pulang sekolah atau saat sedang bersiap-siap di pagi hari.
 

2. Buat Rutinitas Khusus seperti “Bedtime”

Mama dapat membuat kegiatan khusus sebelum tidur yang hanya dilakukan antara Mama, Papa, dan si Kecil, seperti membaca buku cerita favorit atau bernyanyi bersama. Rutinitas ini bisa menjadi momen rutin harian yang ditunggu-tunggu oleh si Kecil.
 

3. Kerjasama dengan Pasangan

Bekerjasama mengasuh anak tidak hanya meringankan beban, tapi juga mempererat ikatan emosional keluarga, Ma. Contohnya ketika Mama memandikan si Kecil, maka Papa akan menyiapkan baju si Kecil. Atau, saat Mama membacakan cerita dongeng dan Papa yang akan memainkan peran sesuai karakter dongeng.
 

4. Batasi Penggunaan Gadget saat Bersama si Kecil

Saat bersama si Kecil, cobalah berikan perhatian penuh tanpa gangguan gadget, Ma. Jangan lupa untuk mematikan notifikasi gadget saat bermain bersama di Kecil. Interaksi langsung tanpa gangguan gadget sangat penting untuk membangun quality time bersama anak dan memberikan contoh yang baik bagi anak tentang pentingnya kehadiran penuh dari orang tua.


Ide-Ide Unik untuk Quality Time bersama Anak
 

1. Piknik Seru di Rumah

Siapa bilang piknik harus selalu di luar rumah? Dengan sedikit kreativitas, Mama bisa menciptakan suasana piknik yang menyenangkan di teras, ruang tamu, atau bahkan di kamar. Kegiatan ini tidak hanya membuat si Kecil senang, tetapi juga mempererat ikatan antara Mama dan anak.
 

2. Memasak Bersama

Mama dapat melibatkan anak untuk menemani Mama memasak, atau biarkan ia ikut membuat menu sederhana, seperti menghias roti. Hal ini dapat menjadi sarana yang efektif untuk mengembangkan keterampilan motorik halus anak sambil memperkuat ikatan emosional antara Mama dan anak.
 

3. Nostalgia dengan Mainan Masa Kecil

Ajak si Kecil bermain dengan mainan masa kecil Mama. Ini adalah kesempatan yang bagus untuk berbagi cerita dan mengenang masa lalu. Kegiatan ini juga dapat mempererat hubungan antara Mama dan anak.


Quality time bersama anak adalah investasi terbaik yang bisa Mama berikan. Tidak perlu waktu yang lama untuk menciptakan quality time yang bermakna. Yang terpenting adalah kualitas waktu yang Mama berikan.